Breaking News
Loading...
Jumat, 28 Agustus 2015



Pertimbangan dasar bersebut adalah:
1.kewjiban-kewajiban pemilik kapal yang berkaitan dengan keselamatan dan Kelayakan laut kapal.
2.menjaga modal dengan oara memperpanjang umur ekonomis suatu kapal dan menaikkan nilai kapal bekasnya.
3.menjaga penampilan kapal sebagai suatu sarana pengangkut muatau dengan meningkatkan kemampuan dan efisiensi.
4.memelihara efisiensi dengan memperhatikan pengeluaran-pengeluarau operasi
5.pengaruh-pengaruh lingkungan terhadap awak buah kapal serta kemampuanya.
Perawatan insidentil artinya kita membiarkan mesin bekerja sampai rusak jika kita ingin menghindarkan agar kapal sering menganggur dengan cara strategi ini, maka kita harus menyediakan kapasitas yang berlebihan untuk menampung kapasitas fungsi-fuugsi yang kritis yang sangat mahal.
Top overhaul adalah perawatan ,perbaikan , untuk pembersihan pengukuran, penggantian harus pada bagian-bagian pada mesin yang di overhaul yang dibuka silinder head ,penekan katup ,rocker arm.yang diukur busing klep dan batang klep.
Cara kerja klasik dapat duraikan sebagai berikut:
1.standar perawatan yang aktual sangat dipengaruhi oleh kuwalifikasi anak buah kapal.
2.para pengawas harus peka terhadap ketidak teraturan dan kotoran walaupun hal ini terjadi akibat pekerjaan perawatan
3.standar perawatan nyata akan terbukti dari terjadinya kerusakan2 ,kapal menganggur.
4.banyak data yang dilaporkan antara kapal dan darat namun sedikit saja yang diproses untuk manfaat.
Bagian2 Lmit torak yang diukur adalah
1.torak
2.ring piston
3.piston skirt
4.pin piston dan bushing connecting rod
Rust revomer adalah bahan kimia cair untuk karat
Elektric cleaner adalah bahan kimia cair untuk membersihkan semua peralatan listrik dan elektro motor.
Fuel oil treatment adalah bahan campuran untuk bahan bakar berat (MFO)
Carbon remover adalah bahan ldrnia cair untuk mernbersihkan dan menghancurkan kerak arang (carbon) hasil pembakaran yang tidak sempuma pada piston dan dinding slinder.
Air cooler cleaner adalah bahan kimia cair untuk membersihkan udara pada alat pendingin udara
Oil spill dispersant adalah bahan kimia untuk rnenghancurkan/menetralisir tampak minyak yang rnungkin terjadi pencemaran di laut.
Yang tejadi ada LO M/E engine tidak berjalan normal M/E mati secara otomatis yang di lakukan adalah :
1. Perneriksaan LO masih ada atau habis.
2. Pemeriksaan flter kotoran dibersihkan sehingga mesin kerja keras
3. Bila sudah diatasi no 1 dan 2 masih LOW maka pompa roda gigi atau safety valve
diperiksaan langkah melakukan overhold:
1. mempersiapkan team work bagian mesin.
2. membuat program keria
3. rnenentukan waktu pelaksanaan kerja
4. mempersiapkan peralatan dan perlengkapan serta suku cadang
5. membuka dan memperhatikan urutan pembongkaran
6. membersihkan bagian-bagian yang” di bongkar
7. melakukan pengukuran yang penting
8. melakukan pemasangan kembali bagian-bagian yang rnasih memadai dan penggantian suku cadang yang rusak
9. diadakan pengetesan kompresi injector dan clearen klep
10. mengisi minyak lumas
11. buang udara dalam system bahan bakar
12. pengisian air dingin `
13. tes running
melakukan aktifitas bongkar muat tiba” terlihat lelehan minyak pada pipa crane. lngkah yg dilakukan
- Matikan mesin tersebut setelah mesin terbebas dari beban kerjanya
- Pastikan mesin tersebut aman untuk dilakukan perbaikan
- Periksa apa penyebab terj adinya lelehan minyak pada pipa crane
- Persiapkan alat/bahan kerja untuk perbaikan
- Jika ada kebocoran/kenisakan maka lakukan perbaikan
perawatan yg dilakukan terhadap instalasi mesin pendingin
- Ball bearing dari motor kompresor hams dilumasi
- V-Belt diperiksa tegaugannya _
- Evaporator didefros bila banyak bunga es
- Condenser harus sering dibersihkan
- Periksa minyak lumas dalam carter, bila kurang ditambahkan
- Bersihkan iilter di solenoid valve
- Meugganti silica gell di dryer bila tiba saatnya
- Bila ada udara didalam system harus di cerat
- Pada waktu instalasi beroperasi, suhu dan tekanan hams diperhatikan.
- Nipple-nipple dan kran-krau penutup diberi grease
- Saringan-saringan klep ekspansi & pengatur tekanan dij aga bersih
- Menstart motor jangan selalu pada switch pengontrol
- Periksa instalasi listriknya
- Saat menjalankan dan menghentikan mesin harus sesuai prosedur.
perawatan yg dilakukn terhadap katup gas buang
- Pemeriksaan kerak karbon, keadaan muka katup dan perubahan warna
- Periksa perubahan warna dau bentuk batang katup, keausan dan pelumasan
- Periksa kelonggaran dan keausan pemegang katup
- Periksa pegas katup terhadap kemungkinan patah, aus, korosi, kekuatannya
- Ukur diameter batang katup
- Lapping/skir katup pada dudukannya pada jam kerja yg telah ditentukan
- Penggantian katup jika muka katup sudah rusak
- Secara berkala adakan pengukuran dengan feeler gauge (valve clearance).
Alat pengabut yg dimaksud adalah tekanan injector, bila kurang/terlalu tinggi maka menyebabkan pemakaian bahan bakar tidak sesuai dengan yg diinginkan akibatnya kineija mesin induk kurang baik.
pengaruh Kualitas bahan bakar ditentukan oleh nilai pembakaran bahan bakar. Jika nilai pembakamn BB tinggi maka kinerja mesin induk baik, sebaliknya jika nilai pembakaran BB rendah maka kinerja mesin induk kurang baik/rendah.
penyebab gas buang mesin induk terlalu tebal
- Jika tekanan injector kurang maka gas buang terbuang berlebih
- Apabila terjadi kebocoran pada ring piston maka minyak pelumas akan naik sehingga gas buang terbuang berlebih.
mesin pendingin (refrigerant plant) kelihatan permukaan minyak lumas dalam karter kompresor berkurang terus/hilng.
- Minyak lumas terus berkurang karena adanya kebocoran/kelonggaran pada ring piston sehingga minyak lumas terikut ke condenser dan pendinginnya berkurang.
- Cara memperbailki : Ganti ring piston, sebelum ganti untuk buka kompresor tutuo dulu katup ke condenser dan evaporator supaya udara tidak masuk yg dapat menyebabkan defiosting.
Defrosting adalah adanya gumpalan-gumpalan es pada pipa evaporator bagian luar yg menghambat pendinginan.
jelaskan dasar-dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan permesinan
- Buku panduan (instruction book)
- Peralatan dan perlengkapan suku cadang
- Sesuai dengan perintah kerja
- Terampil, tanggungjawab.
Masinis melaksanakan program perawatn
Dengan cara meningkatkan tekanan efektif pada motor yaitu dengan menambahkan turbocharger.
Dengan adanya team Work maka pekerjaan perawatan dan perbaikan akan lebih efektif dan efesien.
Tugas masinis II
- Bertanggung jawab pada KKM atas pemeliharaan dan pelaksanaan tata-tertib departemen
- Memberi perintah kerja harian pada semua masinis dan ahli listrik
- Melaksanakan perawatan dan perbaikan MPU/ME, mesin/pesawat penting, semua perlengkapan dan perawatan suku cadang antara lain Inert Gas System, Cargo Pump, FW Generator, mesin” darurat
- Melaksanakan tugas” sesuai PMS dan melakukan pengawasan terhadap semua pekerjaan yg berkaitan dengan tugas” kamar mesin dan personil yg melakukan pekerjaan tersebut.
Dokumen lelang adalah dokumen yg berisi specimen data-data kapal dan perlengkapan kapal yg diperbaikan.
Kerusakan di tegh laut : Informasikan pada perusahaan didarat untuk penggantian suku cadang dengan menentukan titik kordinat tempat pertemuan apabila suku cadang tersebut sudah dikirim.
Kapal terlibat daalam tabrakan
- Hindari terjadinya kebocoran
- Minta bantuan kapal pandu untuk dipandu ke pelabuhan terdekat dengan tujuan melakukan perbaikan.
Alasan-alasan terjadinya perawatan insidentil
- Kronologi perawatan tidak dicatat secara sistematis sehingga perawatan tidak berkesinambungan
- Tidak mengacu standar perawatan dan perbaikan (PMS) sesuai manual instruction book
- Tidak adanya kepedulian para pengawas terhadap ketidak-teraturan pelaksanan perawatan
- Tidak adanya bukti-bukti terjadinya kerusakan”, kekurangan sebelumnya, kapal menganggur, kerugian” lainnya
- Tidak tersedianya suku cadang yg cukup untuk setiap pesawat/mesin yg menghambat waktu operasi kapal
- Banyak data-data yg dilaporkan dad kapal ke darat narnun sedikit yg diproses
- Nakhoda dan ABK tidak berkwalitas dan professional dibidangnya.
keuntungan menggunakan computer dalam penataan suku cadang/perawatan diatas kapal
- Penyimpanan dan akses ke infonnasi mudah dikeij akan
- Analisa kinerja fungsi & pengontrolan kondisi dapat dikerj akan secara luas
- Program perawatan yg terbaru dan pencetakan permintaan dapat dilakukan secara cepat dan otomatis
- Dapat dikembangkan sampai meliputi pengontrolan perawatan suku cadang, anggaran.
pengelolaan suku cadang dalam perbaikan dan perawatan kapal
- Buku-buku daiiar suku cadang
- Penanganan suku cadgng
- Nomor suku cadang dalam stock
- Tempat suku cadaug
- Stock minimum dan maximum
- Waktu pengambilan dan lokasi penggunaan
- Wakm penerimaan (asli/rekondisi)
- Catatan pesanan data/pesanan sesuai kebutuhan kapal.
petunjuk pelaksanan perbaikan/perawatan kapal bila
a. Kerusakan terjadi ditengah perjalanan/dilaut Informasikan pada perusahaan didarat untuk penggautian suku cadang dengan menentukan titik koordinat tempat pertemuan apabila suku cadang tersebut sudah dikirim.
b. Kapal terlibat dalam tabrakan dan mengalami kerusakan yg mempengaruhi kelayakan lautnya
- Hindari terj adinya kebocoran
- Minta bantuan kapal pandu untuk dipandu ke pelabuhan terdekat dengan tujuan melakukan perbaikan
Mayor overhaul: perawatan dan perbaikan untuk pembersihan, pemeriksaan, pengukuran, penganalisaan, penggantian baru pada bagian atas material mesin yg dioverhoul.
Komponen komponen:
- Kepala silinder - katup buang lengkap
- Penekan katup lengkap - celah gap
- Batang pendorong rocker arm - pegas klep
- Penekan katup masuk dan buang - diameter tiap klep
Mengapa secara teratur harus diambil diagram indikatur sebuah motor induk Yaitu untuk mengetahui keralcteristik tiap ~tiap selinder karena dari tiap silinder dapat
Diketahuj tekanamkexj a/daya,vo1ume dan temperature dari mesin induk.
b.Buatkar; sebaik muugkin bentuk dari sebuah diagram indicator(diagram P-V) dm-i
motor 2 tak yang dilengkapi dengan katup buang (Exhaust valve dan juga sebuah
indekator motor induk 4 tak.
Perwatan isendentil adalh perawatan yang tidak memiliki rencana perawataan
Perawatan dilakukan secara mendadak.
Kerugiannya:  Kapal mempunyai down time yang tinggi
Kronologi perawatan tidak tercatat dan ketidak teraturan pelaksanan perawatan
Keuntungannya Tersedianya suku cadang yang cukup untuk perawaian
Tidak adanya pembelian suku cadang berkala.
persiapan kapal naik ke dry dock.
- Rapat antara pihah galangan dengan owner,nahkoda,k.k.m
- Siapkan dock space
- Mintagambar seetplan kalau ada,jika tidak ada minta ukuran kapal
- Menyusun keel block
- Siapkan sarana Bantu,organisasi,peralatan,fasilita: dock
- Mengisi air dalam dry dock setelah permukaan sama dengan air luar,maka buka
Pintu dock.
- Kapal masuk setelah pada posisinya pintu dock ditutup kemudian air dalarn day ,
Dock dipompa keluar.
Pengoperasian darurat dari permesinan adalah kondisi permesinan tidak bekerja secara Nomal,maka rnencari posisi kapal yang aman untuk melakukan perbaikan.
bentuk-bentuk perawatan permesinan.
-Filter bahan bakanminyak lumas agar senantiasa tekanan sesuai dengan buku Petunjuk.
-Saringan udara T.C agar memperoleh udara bersih dan tekanan sesuai buku Petunjuk. sehingga , pembakaran dapat dicapai dengau baik.
-Cleace klep agar tercapainya kompresi yang baik
Kegiatan inti transfortasi laut adalah manajemen asset/modal,managemen armada Managemen operasnsebutkan tugas-tugas pokok managemen itu.
Managemen asset/modal adalah bertanggung jawab untuk pembelian megontrak Kapal dan dapat menjual kapal kepasaran serta menyerahkan kapal kemanagean Armada.
Managernan armada adalah
-Pengambilan alat-alat dari managernen asset
-Pengisian ABK.
-Pengisian perlengkapan dan lainnya agar kapal bisa beroperasi/laik laut.
Managemen Operasi adalah
mengoperasiikan kapal menurut tingkat Waktu dari managemen armada,
-Menetukan tingkat tarif angkutan meliputi biaya pengluaran2 yang sesuai pelayanan Biaya operasi,serta suatu keuntungan untuk nienutup biaya2 pembangunan.
strategi perawatan berencana Serta jelaskan keuntungan dan kerugian dari Straegi tersebut
Strateginya adalah:
-Mengoptimumkan 'daya dan hasil guna material sesuai fungsi dan manfaat
-Menambah pengetahuan abk dan mendidik untuk rnemiliki rasa tangung jawab
-Mengurangi kerusakan meuddak atau penganggurau waktu
Keuntungannya adalah:
-Memperpanjang Waktu kerja mesin/pesawat dan mempertatahankan nilai pehyusutan
-suku cadang dapat dipantau setiap saat
-Operasi kapal lancer dengan memberikan rasa aman dan tenang
-Biaya perawatan dapat diperhitungkan sesuai dengan anggaran.
Kerugiannya adalah
-jadwal perawatan harus disesuaikan dengari kegiatn kapal
Perawatan kapal dikatakan berhasil apabila
-Down time/waktu menganggur sedikigsetiap saat kapal dapat dioperasikari.
-Terjalinnya team work yang baik
- Terjalinnya komunikasi antara pihah darat dan kapal yang baik.
Kebutuhan yang harus disuplai oleh pihah dock kekapal adalah
-Tangga penyberang kekapal
-Air pendingin untuk refrigerator dan sanitari
-Lampu penerangan kerja dan blower.
-Lindungan bahaya kebakarandan gas free test.
-Tempat sampah
dokumen Klaim adalah:
-Surat klaim adaiah pengajuan ldaim kepihah asuransi yang isinya menyaiakan ada Kerusakan dikapal
-Kronologis kejadian adalah menggambarkan kejadian dari awal hingga ahkir kejadian
-Log book adalah buku untuk pencatatan kegiatan dikapal.
-Berita acara bersama adalah setelah didadakan pemeriksaan bersama dan telah kesepaKatan bersama olh pihah asuransi dan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar