Breaking News
Loading...
Jumat, 28 Agustus 2015



akademi maritim indonesia (medan)
Soal Jawab Konstruksi untuk Tehnik semester V/ABC
No.01
Ukuran Pokok Kapal             .
1-Apa yang dimaksud dengan ukuran pokok kapal?
2-yang dimaksud LOA dan LBP? Jelaskan dengan dilengkapi gambar! 
3-Apa yang dimaksud dengan garis tegak belakang dan garis tegak depan?
Jawab :
a-  Ukuran pokok kapal  ialah terdiri dari ukuran membujur /memanjang (longitudinal), dan ukuran melintang/ melebar (transverzal) suatu kapal
b-Length Over All (LOA) : Yaitu jarak membujur sebuah kapal dari titik terdepan linggi haluan kapal sampai ketitik terbelakang dari buritan kapal, diukur sejajar lunas.
c-Length between perpendiculers (LBP) ialah :panjang kapal di hitung dari garis tegak depan sampai ke garis tegak belakang, di ukur sejajar lunas



No.2 :
-Kulit kapal.
1-Apa kegunaannya?
2-Bagaimana cara member tanda dan nomor? Jelaskan dengan gambar!
3-Apa tujuannya diberi tanda dan nomor tersebut?
Jawab :
1-Guna dari kulit kapal (Sheel Plating)Yaitu :
a-Membuat kedap air dari samping dan bawah kapal
b-Menambah kekuatan konstruksi kapal terhadap tegangan membujur kapal
2-Pemberian Nomor Dan Tanda Pada Kulit Kapal
a-Sebagaimana halnya dengan  gading-gading dan pelat geladak, pelat kulit kapal (lajur) perlu diberi nomor dan tanda. Pemberian tanda pada kulit kapal dimulai dari pelat pengapit lunas (garboard strake) yaitu pelat lajur sepanjang kiri-kanan lunas datar sebagai lajur A. lajur-lajur lainnya ditandai dari bawah keatas pada tiap-tiap sisi secara alphabetis A, B, C dan Pemberian nomor pada lajur, diberi secara berurutan dari belakang ke depan atau dari depan ke belakang.
3-Pemberian tanda dan nomor pada plat gunanya ialah :agar kita dapat mengetahui lokasi dari pelat dalam kaitannya dengan pemeriksaan atau perbaikan karena kerusakan, sobek, maupun survey sehubungan dengan penggantian pelat tersebut. Pemberian tanda dan nomor lajur selalu dikatikan dengan gading-gading ditempat tersebut, untuk memberi kepastian pada bagian mana pelat yang dimaksud berada.Misalnya pelat F kiri 6-100-118, artinya pelat F dilambung kiri, nomor 6 diantara gading-gading nomor 110 s/d 118.
No.03
Gading-gading.
1-Apa kegunaan gading--gading kapal?
2-Ada berapa macam jika ditinjau dari letaknya?
3-Gambarkan penampang gading-gading yang terletak pada daerah midship, lengkapi dengan keterangannya!
Jawab :
1-Guna dari Gading gading yaitu :
a-Untuk memperkuat konstruksi kapal
b-Menjaga tidak terjadinya perubahan bentuk pada kulit kapal
c-Tempat menempelnya kulit kapal
d-Memberikan bentuk pada badan kapal
2-Ditinjau dari letaknya gading gading terbagi atas :
a- Gading Nol : Gading yg sebidang dengan cagak kemudi
b- Gading gading cermin : semua gading- gading dibelakang gading nol
c- Gading gading simpul : Gading gading sepanjang tabung poros baling baling
d- Gading 2 besar : Gading yg ukurannya lebih besar bila dibandingkan dengan gading gading lainnya
e- Gading gading haluan : Gading gading yg letaknya di depan sekat pelanggaran

No.04
-Sekat Kedap Air (SKA).
a-Pertimbangan apa saja untuk menentukan jumlah sekat?
b-Sebutkan syarat-syarat pada sekat pelanggaran!
c-Gambarkan sekat kedap air biasa, lengkap dengan keterangannya!
Jawab :
a-Jumlah sekat kedap air / Pertimbangan untuk menentukan sekat kedap air yaitu :
1-Letak kamar mesin  :Pada kapal dengan kamar mesin ditengah jumlah sekat kedap air minimal 4 buah, untuk kapal dengan kamar mesin dibelakang jumlah sekat kedap air minimal 3 buah
2- Panjang kapal  :Pada kapal  dengan panjang 220-285 kaki SKA = 4 buah, 285-335 SKA = 5 buah, 335-405 kaki SKA =6 buah, 405-470 kaki SKA = 7 buah, 470-540 kaki SKA =8 buah, 540-610 SKA =9 buah.
b-Syarat syarat sekat pelanggaran yaitu  :
1-      Letaknya tertentu, pada kapal barang min.5% LBPdan kapal penumpang min.5% LBP +Min 10 kaki.
2-      Menggunakan plat yg 25% lebih tebal dari plat  sekat kedap air biasa Plat bagin bawahnya dipertebal 2,5mm
3-       Potongan baja dipasang dimuka sekat dan siku  pinggiran di belakang sekat
4-       Potongan baja siku penguat dipasang vertikal
5-       Jarak antara baja siku penguat lebih kecil, yaitu 610mm


No.05
-Pintu Kedap Air (PKA).
1-Ada berapa macam klasnya?
2-Gambarkan jenis PKA berengsel, dengan keterangannya!
Jawab :
1-Pintu kedap air  (watertight door)di kapal ada 2 jenis:
a-pintu kedap  air berengsel (hinged watertight door)pintu kedap air berengsel termasuk PKA kelas 1,
yg di pasang di geladak. Pintu PKA ini harus bisa dibuka/ tutup pada kemiringan kapal 15 derajat     
kekiri/kekanan.
b-Pintu kedap air yang didorong secara vertikal  mau pun horizontal

No.06
a).Apa maksud dibuatnya markah kambangan (plimsoll mark) pada kapal biasa dan gambarkan lengkap dengan ukuran-ukurannya?
Jawab :
1-Plimsoll Mark adalah sebuah tanda pada  lambung kapal untuk membatasi draft maksimun sebuah kapal demi keamanan dan  keselamatan kapal sesuai dengan daearah / musim dimana kapal tersebut berlayar. 


No.06
-Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a-Sekat Kedap Air.
b-LOA.
c-Lembar Dalam.
d-Cofferdam.
e-Zink Anoda.
Jawab:
  a. Sekat Kedap Air adalah suatu bagian dari konstruksi kapal yang berguna untuk  “BUFFER” atau pelindung bagian depan kapal, atau sebagai penahan air masuk ke dalam palaka2 di belakangnya,  jika kapal mangalami kebocoran akibat dari pelanggaran atau kandas.
  b. LOA (Length Over All)  adalahjarak membujur sebuah kapal dari titik terdepan  linggi haluan kapal sampai ketitik terbelakang dari buritan kapal yang diukur sejajar dengan lunas kapal.
  c. Lebar Dalam (Moulded Breadth) adalah lebar kapal dihitung dari sebelah dalam kulit kapal lambung yang satu sampai kesebelah dalam lambung yang lainnya
  d. Cofferdam (ruang pemisah) adalah salah satu ruangan yang terdapat pada konstruksi kapal dengan  sistim dasar ganda yang berguna untuk memisahkan tanki yang satu dengan yang lain pada double bottom misalnya antara tanki air tawar dengan tanki bahan bakar, antara tanki air tawar dengan tanki minyak pelumas, antara tanki ballast dengan tanki bahan bakar dan seterusnya.
  e. Zink Anoda adalah merupakan suatu alat dari logam yang diasa dipasang dan ditempelkan pada lambung kapal di bawah garis air tepatnya dibagian kisaran-kisaran air untuk memproteksi kulit kapal dari korosi atau karat.
No.7
a. Sebutkan fungsi Double Bottom?
b. Apa sajakah yang membatasi Double Bottom?
c. Apakah fungsi sekat pelanggaran?
Jawab :
-a. Fungsi Dobble Bottom adalah :
  - Bila kapal kandas / bocor masih ada dasar yang kedap air
  - Sebagai ruangan muatan, air tawar, bahanbakar, ballast, dan lain-lain.
  - Dengan air ballas dapat membantu mengatur stabilitet kpl dan
  - Baling-baling serta kemudi dapat bekerja dengan baik.
  - Menambah kekuatan melintang kapal.
-b. Yang membatasi Dobble Bottom adalah :
  - Bagian bawah dibatasi oleh kulit kapal bagian  bawah.
  - Bagian atas dibatasi oleh tank top.
  - Bagian samping dibatasi oleh lempeng samping.
  - Bagian depan dibatasi oleh sekat kedap air terdepan
  - Bagian belakang dibatasi oleh sekat kedap air paling belakang.
-c. Fungsi sekat pelanggaran adalah :
  - Sebagai Buffer atau pelindung terhadap ombak dan  gelombang
  - Bila kapal mengalami pelanggaran atau kandas  dapat menahan air masuk kedalan 
kompartemen-  kompartemen.di belakangnya.
  - Membuat kapal kedap air.

No.08
  a.Sebutkan nama-nama Biro Klasifikasi yang saudara ketahui serta kedudukannya?
  b.Sebutkan jenis survey yang saudara ketahui dan jelaskan artinya!
Jawab :
a. Nama- nama Biroklasifikasi adalah :
  1.  B.K.I Jakarta  KI
  2.  LLOYDS REG OF SHIP                LondonLR
  3.  BUREAU VERITAS       Paris      BV
  4.  GERMANISHER LLOYD             Berlin    GL
  5.  REGISTRO ITALIANO NAVALE                Geno     RI
  6.  DET NORSKE VERITAS               Oslo       NV
  7.  NIPPON TAIKOKU KAIJI KYOKAI          Tokyo    NK
  8.  REGISTER OF SHIP OF USSR   Moskow      PC
  9.  AMERICAN BUREAU OF SHIP                PING      N.York        AB
                10. HELLENIC REGISTER OF SHIP                Athena  HS

a- Jenis survey yang diketahui dan artinya adalah :
1- Initial Survey (Survey Awal) yaitu dilaksanakan sebelum kapal dioperasikan atau sebelum sertifikat
yang disyaratkan sesuai Regulasi 6 dari ANNEX diterbitkan untuk pertama kalinya.
2- Anual Survey (Survey tahunan) yaitu Survey yang dilakukan setiap tahun yang meliputi: lambung,
permesinan, dan sistem. Dilakukan dalam 3 bulan,
sebelum dan sesudah jadwal.
3- Renewal Survey (Survey Perubahan 5 tahun) yaitu  :Survey yang dilakukan kurang dari 5 tahun
umur kapal, untuk memperbarui klas. Untuk periode klas yang baru jangka waktunya 15 bulan
sebelum batas umur kapal 5 tahun. Pemeriksaan meliputi: lambung, permesinan geladak, mesin
induk, sistem dan alat keselamatan
4- Intermediate survey (survey Antara) yaitu Survey yang dilakukan pada pertengahan 5 tahun
umur kapal(2½), kecuali untuk kapal dengan klas symbol II.

No.09
 -a.Sebutkan jenis-jenis kemudi ?
 -b.Apakah syarat-syarat kemudi ?
a. Jenis-jenis kemudi yaitu :
  1. Kemudi berimbang penuh (Full balance Rudder) ialah kemudi yang 25% - 36% daun kemudinya berada didepan poros putar, dengan demikian 70% - 75% daun kemudinya dibelakang poros putar.
  2. Kemudi semi berimbang penuh (SemiBalance Rudder) ialah kemudi yang lebihkecil dari 20% daun kemudinya didepan poros putar, dengan demikian > 80% daun kemudinya berada dibelakang poros putar.
b. Syarat-syarat kemudi adalah :
  - Kemudi utama harus mempunyai kekuatan yang cukup.
  - Pada kecepatan maksimum, kapal masih dapat dikemudikan dengan layak.
  - baik kapal penumpang ataupun kapalbarang harus dilengkapi dengan sebuah perangkat kemudi utama dan sebuah perangkat kemudi bantu yang disetujui oleh pemerintah yang berwenang.
  - Pada kapal penumpang, perangkat kemudi utamanya pada waktu maju dengan kecepatan maksimum, kemudi harus dpat disimpangkan sebesar 34o kekiri atau kekanan dalam waktu 28 detik.
No.10
-Apa pengertian Tonase berikut ini.
a-Isi Kotor (Gross Tonnage).
b-Isi Bersih (Net Tonnage).
c-Isi Tolak (Displacement).
d-CargoDead weight ton (DWT)
Jawab :
a.       Isi kotor (Gross Tonnage) adalah Volume atau isi sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu untuk keamanan kapal ( deducted spaces )
b. Isi Bersih (Net Tonnage) adalah Volume atau isi sebuah kapal dikurangi dengan jumlah isi ruangan
    – ruangan yang tidak dapat di pakai  untuk mengangkut muatan .
c-Isi Tolak (Displacement) adalah Berat Benaman Jumlah berat kapal dan segalanya yang ada pada
kapal tersebut dan di nyatakan dalam Longton
d. Cargo DWT adalah Cargo Carrying Capasity Kemampuan kapal untuk mengangkut muatan (Jumlah
muatan yang bisa di bawa )
No.11
a-Apa fungsi dari suatu Biro Klasifikasi,
b-sebutkan 5 Biro Klasifikasi yang saudara ketahui (tidak hanya dalam singkatan).
Jawab :
 a-Fungsi Biro Klasifikasi adalah :
  - Mengklaskan kapal-kapal yang dibangun
  - Berwenang menetapkan dan memberikan tanda 
lambung timbul.
  - Mengeluarkan sertifikat garis muat pada kapal
b-Lima Biro Klasifikasi adalah :
  1.  B.K.I Jakarta          KI
  2.  LLOYDS REG OF SHIP                               London           LR
  3.  BUREAU VERITAS       Paris                BV
  4.  GERMANISHER LLOYD                              Berlin             GL
  5.  REGISTRO ITALIANO NAVALE                Genoa  RI

No.12
-Sebutkan komponen yang termasuk berat kapal kosong (lightweight) dan bobot mati (deadweight).
. Komponen berat kapal kosong (Light Weight) adalah :berat kapal kosong termasuk mesin penggerak, mesin bantu dan Peralatan yang tetap  diatas kapal.
-Komponen bobot mati (Dead Weight) adalah :Muatan maksimum yang dapat diangkut dan  Bahan bakar minyak,Pelumas ,air tawar , BallastDan stores/Gudang .
No.13
-Apa yang dimaksud dengan Sea Box pada kapal dan gambarkan bentuk konstruksinya
Jawab :
  Sea Box adalah suatu kotak yang berada di palka dan di kamar mesin yang berfungsi untuk mencegah /saringan kotoran/sampah yang ikut terhisap masuk kedalam pipa.
  Gambar : Sea box


 -Keterangan :
1-Rose box
2-Kaki
3-Ujung pipa hisap
4-Pipa hisap lensa
No.14
Jenis kapal.
1-Jelaskan ukuran pokok kapal!
2-Apa yang dimaksud dengan GRT kapal?
Jawab :
  a. Ukuran Pokok Kapal  (ship main dimension) adalah merupakan nilai-nilai yang menyatakan dimensi atau ukuran sebuah kapal yang terdiri dari ukuran membujur/memanjang (Longitudinal) dan ukuran melintang/melebar (Tranverzal) kapal. Dan ukuran tegak (Vertikal)
   b. GRT (gross register ton) adalah volume/isi sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu utk  keamanan kapal (deducted spaces) mis: dasar berganda,dapur ,anjungan dan ruangan kosong diatas kamar mesin.
No.15
 - Kulit kapal.
1-Apa kegunaan dari kulit kapal?
2-Bagian mana saja kulit kapal yang dipertebal?
Jawab :
 a. Kulit kapal gunanya adalah:
   - Untuk membuat kapal kedap air dari samping dan dari bawah.
   - Kulit kapal secara membujur untuk memperkuat konstruksi kapal agar sanggup menahan tegangan-tegangan membujur kapal.
b. Bagian kulit kapal yang dipertebal adalah :
   - Lajur bingkai dan lajur samping
   - Tempat-tempat yang memerlukan daya tahan yang besar terhadap tekanan yang besar seperti
disekitar lubang-lubang pembuangan.
   - Dibagian tengah panjang kapal dikedua lambung
   - Disekitar lubang-lubang jendela, pintu-pintu, atau bagian yg di buka pada lambung kapal, ulup
jangkar dan lain-lain.
                                                         No.16     
 Penataan Lensa dan Ballast.
1-Sebutkan perbedaan penataan lensa dan ballast!
2-Gambarkan skema aliran penataan lensa dan ballast dengan perlengkapannya!
Jawab :
-Penataan ballast:
  1-Mengisap dan mengisi
  2-Tidak mempunyai non return valve
  3-Ujung pipa hisap & isi berbentuk  terompet atau kaki gajah
  4-Tanpa saringan
  5-Ujung pipa hisap dan isi terletak didalam tangki ballast/ dasar berganda
-Penataan Lensa :
  1-Hanya mengisap
  2-Memakai non return valve
  3-ujung pipa bulat
  4-memakai saringan
  5-Ujung pipa hisap terdapat didalam got palka dan kamar mesin.
No.17
Dasar berganda.
  Mengapa kapal harus dipasang dasar berganda?
  Komponen apa saja yang membatasi dasar berganda (bagian atas, bawah, depan dan belakang)?
Jawab :
a -kapal harus dipasang dasar berganda karena berguna untuk :
   -    Bila kapal kandas dan mengalami kebocoran,
masih ada yg kedap air
   -    Dapat dimuati muatan cair ,bunker dan ballast dll.
   -    Membantu stabilitas kapal
   -    Menambah kekuatan melintang kapal
b. Komponen yang membatasinya  adalah:
  - Bagian bawah dibatasi oleh kulit kapal bagian   bawah.
  - Bagian atas dibatasi oleh tank top.
   - Bagian samping dibatasi oleh lempeng samping.
  - Bagian depan dibatasi oleh sekat kedap air  terdepan
  - Bagian belakang dibatasi oleh sekat kedap airpaling belakang.
No. 18
a. Apa yang dimaksud dengan Wrang?
b.sebutkan jenis-jenis wrang yang anda ketahui!
Jawab :
a. Wrang adalah suatu ruangan yg terbentuk adanya kerangka melintang dan membujur untuk
memperkuat konstrusi kapal di dasar berganda sebagai penopang terhadap beban di atasnya,
membentuk tanki2 baik cairan sejenis maupun berlainan jenis.
b. Jenis-jenis Wrang adalah :
- Wrang Penuh (Solid Floor)
 - Wrang Terbuka (Open Floor)
 - Wrang Tertutp (Watertight Floor)
No.21
a-Gambarkan konstruksi penampang melintang ruang mesin dari sebuah kapal barang dengan double bottom!


No.22
  Lukiskan sketsa sekat buritan dan sebutkan bagiannya!
  Keterangan  :
  1. Ruang akomodasi
  2. Kamar mesin kemudi
  3.Tangki ceruk belakang
  4. Wrang
  5. linggi baling-baling
  6. Terowongan poros baling-baling
7. Dasar berganda
No.23
 -Sebutkan definisi dari:                                                      
  Net Tonnage.
  Extreme Breadth.
  Geladak Utama.
  Displacement.
  Double Bottom.

Jawab :
  NRT (net tonnage =netto register ton = isi bersih)adalah volume atau isi sebuah kpl dikurangi dg jumlah isi ruangan2 yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.
  Extreme Breadth : ialah jarak melintang dari titik terjauh sebelah kiri sampai titik terjauh di sebelah kanan badan kapal, di ukur pada lebar terbesar dan sejajar lunas  dalam hal ini kulit kapal dihitung.
  Geladak utama adalah kekuatan bagian kapal untuk menjamin tekanan2 baik dr atas maupun samping kpl.
  Displacement ialah isi tolak sebuah kapal  diatas air adalah sama dengan berat air yang di pindahkan oleh kapal tersebut , jumlah ini sama dengan berat kapal itu beserta isinya.
  Double bottom adalah bagian dari konstruksi yg di batasi oleh, bagian bawah yaitu kulit kpl, bagian atas yaitu tank top, bagian samping yaitu lempeng samping, bgn depan sekat pelanggaran depan dan sekat belakang.
No.24
a-Gambarkan bagan sebuah kotak pembagi lensa dan sebutkan bagian-bagiannya!

Jawab :
  1-Kotak
  2-Tutup
  3-Tempat duduk katup
  4-Katup searah (non return
  5-Batang berulir
  6-Roda tangan
  7-Saringan
  8-pipa ke cabang kompartemen
  9-Pipa induk
No.25
A-Apakah Manfaat suatu kapal dikelaskan pada biro klasifikasi :
B-Sebutkan pihak – pihak yang berkepentingan pada biro klasifikasi kapal
Jawab :
Manfatnya kapal di kelaskan pada biro klasifikasi ialah:
1-Mendapatkan Minimum free board sehingga daya angkut kapal menjadi besar
2-Memperbesar kepercayaan sipengirim barang terhadap kapal yang mempunyai kelas yang membawa
pengaruh terhadap banyaknya muatan yang diangkut.
3-pembayaran premi atau asuransi lebih sedikit
4-Lebih Mudah mendapatkan atau mencari awak kapalnya.
 -Pihak2 yg berkepentingan pd biroklasifikasi ialah:
1-Pemilik kapal Dengan kelayak lautan kapalnya
2-Pemerintah dengan Keselamatan Awak kapal dan Penumpang
3-Pemilik Muatan dengan keselamatan Muatanya
4-Asuransi dan bank dengan menetapkan besarnya Permi
No.26
1-Jelaskan fungsi dari sekat kedap air 
2-Lukiskan sketsa sekat pelanggaran dan sebutkan bagianya
Jawab :
Fungsi daripada sekat pelanggaran ialah:
  Mengisolasi kebocoran agar tetap disatu ruangan
  Mengisolai Kebakaran Agar tetap disatu ruangan
  Membagi kapal dalam beberapa ruang
  Merupakan kekuatan melintang kapal setempat


No.27
-Apakah guna “ strike Plate “ dan berikan penjelasan sketsa/gambar  dimana letak daripada strike plate tersebut.
Guna strike plate ialah : berfungsi sebagai pelindung atau penahan batu soundingan agar tidak mengena langsung dasar tangki atau got itu. Dengan demikian dasar tangki atau got akan terhindar dari kebocoran karena kena soundingan yang tajam setiap hari
No.28
1-Gambarkan penampang membujur sebuah trowongan poros baling2 dan sebutkanlah nama bagian-bagiannya
2-Gambarkan penampang melintang sebuah trowongan poros baling2 dan sebutkanlah nama bagian-bagiannya
Jawab :


No.29
  Bagaimana ketentuan mengenai dasar berganda menurut solas 74, terangkan .
  dikapal yg panjangnya 50 meter dan kurang dari 61 meter (200 kaki) harus di pasang dasar berganda paling sedikit dari sekat di depan kamar mesin sampai dgn sekat kedap depan.
  kapal yg panjangnya 61 metr (200 kaki) dan kurang dari 76 m (249 kaki) harus dipasang dasar berganda paling sedikit dari sekat kamar mesin diteruskan sampai ke sekat ceruk haluan dan sekat ceruk buritan.
  dikapal yg panjang nya 76 m (249 kaki) atau lebih harus dipasang dasar berganda dari sekat ceruk haluan sampai buritan atau sedekat mungkin dgn sekat Tersebut
No.30
  a)- jelaskan fungsi dari trowongan poros baling2
  b)-Jelaskan fungsi kayu pok
Jawab :
a) fungsi dari trowongan poros baling2 adalah melindungi poros baling2, menjaga agar poros baling2 kedap air pada tempat dimana poros baling2 melintang kulit kapal.
b) fungsi kayu pok :
     -  supaya poros baling2 tidak tergesek langsung pada tabung perunggu
    -  kayu pok bersifat pelumas
    -  kayu pok dibuat lubang2 supaya air laut bisa masuk dgn demikian berfungsi sbg pendingin untuk
poros baling2.
No.31
  Jelaskan dengan singkat dan gambarkan tentang transmisi tenaga/daya dari mesin induk dengan gear box ke propeller sehingga kapal dapat bergerak!

No.32
  Gambarkan deflection of plat yang terjadi secara melintang pada kapal saat kapal: dry docking, memuat muatan berat (heavy weight cargo), mengalami racking dan kondisi statis diatas tekanan air.


No.33
a-Mengapa Center line terowongan poros baling baling tidak jatuh sama denagan center line kapal
b-Fungsi Dari Shell Expantion Plan

Jawab.
a-Untuk perawatan agar cukup ruang gerak
  -Palka yang dilewati lambung dapat dimuati
b-Shell expantion plan ialah Gambar denah plat kulit kapal yang berfungsi untuk menandai pelat yang
perlu diperbaiki sehingga mudah dicari.
No.34
-Apa yang disebut “ Man Hole” dan gunanya, gambarkan  dgn lengkap dan jelaskan cara pemasanganya
  Man hole atau lobang orang : adalah lobang yang dibuat berada diatas sebuah tangki-tangki diatas kapal tempat keluar masuk orang.
  Kegunaan Man hole :
  Untuk jalan keluar masuk kedalam tangki saat diperlukan
  Untuk lubang pemberian udara peranginan dan umumnya jumlah lubang setiap tangki 2 bh  ditempatkan secara diagonal.
-Gambar man hole
  Diameter 22” Sumbunya 18”
No.35
1-    Cargo DWT : Yaitu berat muatan yg dapat diangkut oleh sebuah kapal
2-    Berat kapal kosong (Light Ship) : Yaitu berat kapal hanya dengan inventaris tetapnya saja, tanpa muatan, bahan bakar, air tawar, ballas, dll..
3-    Garis tegak depan (Forward Perpendicular) : Yaitu sebuah garis khayalan yang memotong tegak lurus garis muat perancang kapal dengan linggi haluan kapal
4-    Garis tegak belakang (After perpendicular) : Yaitu sebuah garis khayalan yang biasanya terletak di tengah tengah cagak kemudi atau bagian belakang dari poros kemudi
NO.32
1-Apa keuntungan dan kerugian kapal yang dilas dan di keling ?
2-Ada berapa jenis kampuh las yang dipakai untuk membangun kapal
3-Jelaskan dengan gambar !

Jawab :
1.Keuntungan kapal yang dilas yaitu :
-    Terjadinya pengurangan bobot sebesar 15- 20 %
-    Sambungannya lebih kuat
-    Sambungannya  lebih kedap air
-    Hambatan air kecil, sehingga kapal lebih cepat
-    Bebas dari pengaruh getaran
-    Konstruksi lebih sederhana dan sesuai
-    Biaya reparasi lebih murah dibanding dengan
kapal yg dikeling

  Kerugian dari kapal yg dilas yaitu :
-    Terjadinya perubahan bentuk karena  terjadinya tegangan kerut didalam bahan
-    Sambungan las sulit dinilai secara  sederhana, harus dengan menggunakan alat modern

  Jenis/macam bentuk sambungan las yang biasa dipakai di dalam bangunan kapal ialah :
-Sambungan las I
-Sambungan las V
-Sambungan las X
-Sambungan las U
-Sambungan las sudut / siku

NO. 33
  Dimana letak garis WNA kapal kayu bila ukuran panjang kapal tersebut sama dengan atau lebih kecil dari 330 kaki,dan berlayar pada lintang 36* atau lebih di Atlantik utara ?
  Jawab :
-WNA (musim dingin atlantik utara) berlaku untuk lintang 36 ° keatas. Jadi jarak WNA dari W adalah 2” atau  51 mm
-WNA hanya di haruskan bagi kapal  sama dan lebih kecil dari 330 kaki
-Bagi kapal ≥ 330 kaki tidak di haruskan memasang WNA, boleh memakai tetapi dgn jarak tetap
 2” dari W

1 komentar: