Breaking News
Loading...
Sabtu, 21 September 2019

  Kompresor merupakan mesin untuk menaikkan tekanan udara dengan cara memampatkan gas atau udara yang kerjanya didapat dari poros. Kompresor biasanya  bekerja dengan menghisap udara atmosfir. Jika kompresor bekerja pada tekanan yang lebih tinggi dari tekanan atmosfir maka kompresor disebut sebagai penguat ( booster ), dan  jika kompresor bekerja dibawah tekanan atmosfir maka disebut pompa vakum. 
                  
           Gas mempunyai kemampuan besar untuk menyimpan energi persatuan volume dengan menaikkan tekanannya, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu : kenaikan temperatur pada pemampatan, pendinginan pada pemuaian, dan kebocoran yang mudah terjadi.

                        kegunanya Kompressor udara diatas  kapal  adalah Untuk menghisap udara luar dijadikan udara yang bertekanan (memampatkan udara) dan dipergunakan untuk pengoperasian mesin(start) dan keperluan dikamar mesin.
.

KALIINI AKAN MEMBAHAS KOMPRESOR UDARA DENGAN 2 TINGKAT

  



Umumnya dipakai pada kapal besar yang memerlukan udara yg ditekan sampai beberapa bar untuk keperluan starting dan keperluan dikamar mesin.  
termasuk kedalam mesin bantu pada kapal


Gambar skema kompresor udara dengan 2 tingkat tekanan

Keterangan gambar :

1.Piston tekanan rendah
2.Piston tekanan tinggi
3.Katup masuk tekanan rendah
4.Katup buang tekanan rendah
5.Katup masuk tekanan tinggi
6.Katup buang tekanan tinggi
7.Manometer tekanan rendah
8.Manometer tekanan tinggi       
9.Safety valve tekanan rendah
10.Safety valve tekanan tinggi
11.Filter udara.
12.Inter cooler.
13.After cooler.
14.Ceratan tekanan rendah.
15.Ceratan tekanan tinggi.
16.Keran isap.
17.Keran keluar

Cara kerja compressor 2 tingkat:

Pada type ini terdapat 2 ruang yg dp mengisap dan menekan, tapi masing-masing sisi memiliki tingkat tekanan yg berbeda. Apabila torak bergerak ke TMA, maka torak bagian atas melakukan penekanan dan torak bagian bawah terjadi langkah isap. Demikian sebaliknya apabila torak bergerak ke TMB maka torak bagian atas terjadi langkah isap, sedangkan torak bagian bwh melakukan tekanan tingkat tinggi. Untuk mendapatkan kepadatan udara yg efisien maka setiap udara yg telah di pampatkan harus melalui suatu bejana pendingin (cooler), baik dari tekanan rendah maupun tekanan tinggi. Setiap tingkat tekanan harus tersedia manometer untuk mengetahui jumlah tek masing-masing. untuk mencegah tek balik dr bejana maka sebelum masuk bejana di pasang non retun valve. 

Intercooler dan Aftercooler diperlukan pada kompressor udara 2 tingkat tekanan: 
  1. Selama proses kompresi banyak tenaga yang diubah menjadi panas (heat) yang akan menyebabkan kenaikan suhu yang tinggi. 
  2. Kenaikan suhu tersebut akan mengurangi  rendemen volumetrik dan kompressor disamping menyebabkan kelemahan bahan silinder. 
  3. Untuk meminimalkan kenaikan suhu, panas perlu disingkirkan. 
  4. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan pendinginan untuk setiap tingkat tekanan dengan menggunakan intercooler bagi pendinginan setelah tingkat pertama dan aftercooler untuk pendinginan setelah tingkat kedua. 
Sebelum menjalankan compressor perlu dibuka katup-katup ceratnya adalah:
➡️Agar tidak ada tekanan balik ( back   pressure )
➡️Untuk membuang air yang terkandung didalam sistim. 


  

1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    (Tommy.k)

    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri

    BalasHapus