Breaking News
Loading...
Jumat, 01 September 2017

sudah dipaparkan bagaimana cara mencari daya dan torsi motor.  Nah, pada postingan kali ini, saya berikan satuan-satuan yang biasa dipake pada daya dan torsi. Postingan ini berangkat dari pengamatan saya selama jadi cadet rupanya tidak sedikit teman-teman saya masih bingung dengan beragamnya satuan-satuan daya dan torsi, demikian pula gimana mengkonversinya. Perlu saya ingatkan disini, bagi Anda yang melakukan perhitungan pada persamaan/formula yang ditemukan dalam problem-problem kerekayasaan khususnya dalam bidang  teknik mesin, penting bagi Anda memasukkan setiap satuan-satuan yang ada, kemudian sederhanakan (pencoretan bila shahih). Hal ini untuk membuktikan bahwa satuan yang Anda turunkan itu sesuai atau tidak dengan satuan dari variabel yang dicari..

Awalnya satuan pengukuran tenaga adalah HP alias horse power. Namun seiring perkembangan zaman muncul juga satuan-satuan yang lain seperti PS (Pferdestarke= Bahasa Jerman), PK (Paarden Kracht=Bahasa Belanda), KW (Kilo Watt) & DK (Daya Kuda). Satuan PS & PK banyak digunakan di negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sedangkan satuan HP banyak dipake di negara seperti Amrik, Inggris dsb. Kalo DK alias Daya Kuda udah pasti Indonesia. Dibawah ini penjelasan nya.

HP : Horse Power

KW : Kilo Watt

DK : Daya Kuda (Indonesia)

PS : Pferdestarke (Jerman)

BHP : brake horse power

PK : Paarden Kracht

Satuan2 yang saya sebut di atas semuanya adalah benar alias gak ada yang salah. Tiap2 negara punya metode sendiri dalam pengukuran tenaga. Nah hasilnya seperti ini :

1 HP = 0,745 KW
1 KW = 1,34 HP
1 PS / PK = 0,98 HP
1 PS / PK = 0,74 KW
1 KW = 1,36 PS
1 HP = 1,01 PS

Nah khusus untuk satuan PS/PK berbeda dikit dengan HP. Banyak yang salah kaprah menyebut satuan PS/PK itu sama dengan HP.

Selanjutnya ada juga satuan yang bertuliskan BHP alias brake horse power. BHP ini pengukurannya berbeda dengan satuan2 HP, PS, KW. Dimana perbedaannya ??? kalo HP, PS, KW itu mengukurnya di putaran roda sedangkan BHP diukur pada mesin ato kruk as. Dengan BHP kita akan mengetahui tenaga murni sebuah mesin tanpa loss power karena kerugian gesekan ban, girboks transmisi, as propeler flaywer dsb.

Selain tenaga mesin, ada juga torsi mesin. Satuan2 torsi yang lazim kita temui yaitu Nm, Kgf.m & lbf.ft.

1 Nm = 0,74 lbf.ft
1 Nm = 0,1 Kgf.m
1 lbf.ft = 0,14 Kgf.m
1 Kgf.m = 7,23 lbf.ft

8 komentar:

  1. Gan, mohon dijelaskan maksud ukuran PK pada mesin kapal perahu, seperti 5pk, 7pk, 12pk, dll!
    Kalau untuk mesin kapal perahu ketinting (mesin tarik), bagaimana cara mengetahui ukuran PKnya jika di dusnya tidak tertera?
    Makasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sini saya hanya menjelaskan mengkonversi misal dari hp ke pk dll
      kalo tidak tertera di dus sebaiknya cari di googel dengan mengetik merek mesin, tepy mesin kurang lebih saya mohon maaf trimakasih.

      Hapus
    2. Apa arti 15 pk, 25 pk dan 30 pk gan.?

      Hapus
  2. Apa arti 15 pk, 25pk,30 pk gan. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Gan,tk,cc,rpm,ppm kepanjangan nya apa tlg ya gan.

    BalasHapus