Pertimbangan
dasar bersebut adalah:
1.kewjiban-kewajiban
pemilik kapal yang berkaitan dengan keselamatan dan Kelayakan laut kapal.
2.menjaga
modal dengan oara memperpanjang umur ekonomis suatu kapal dan menaikkan nilai
kapal bekasnya.
3.menjaga
penampilan kapal sebagai suatu sarana pengangkut muatau dengan meningkatkan
kemampuan dan efisiensi.
4.memelihara
efisiensi dengan memperhatikan pengeluaran-pengeluarau operasi
5.pengaruh-pengaruh
lingkungan terhadap awak buah kapal serta kemampuanya.
Perawatan
insidentil artinya kita
membiarkan mesin bekerja sampai rusak jika kita ingin menghindarkan agar kapal
sering menganggur dengan cara strategi ini, maka kita harus menyediakan
kapasitas yang berlebihan untuk menampung kapasitas fungsi-fuugsi yang kritis
yang sangat mahal.
Top
overhaul adalah perawatan
,perbaikan , untuk pembersihan pengukuran, penggantian harus pada bagian-bagian
pada mesin yang di overhaul yang dibuka silinder head ,penekan katup ,rocker
arm.yang diukur busing klep dan batang klep.
Cara
kerja klasik dapat duraikan
sebagai berikut:
1.standar
perawatan yang aktual sangat dipengaruhi oleh kuwalifikasi anak buah kapal.
2.para
pengawas harus peka terhadap ketidak teraturan dan kotoran walaupun hal ini
terjadi akibat pekerjaan perawatan
3.standar
perawatan nyata akan terbukti dari terjadinya kerusakan2 ,kapal menganggur.
4.banyak
data yang dilaporkan antara kapal dan darat namun sedikit saja yang diproses
untuk manfaat.
Bagian2
Lmit torak yang diukur adalah
1.torak
2.ring
piston
3.piston
skirt
4.pin
piston dan bushing connecting rod
Rust
revomer adalah bahan kimia cair
untuk karat
Elektric
cleaner adalah bahan kimia cair
untuk membersihkan semua peralatan listrik dan elektro motor.
Fuel
oil treatment adalah bahan
campuran untuk bahan bakar berat (MFO)
Carbon
remover adalah bahan ldrnia
cair untuk mernbersihkan dan menghancurkan kerak arang (carbon) hasil pembakaran
yang tidak sempuma pada piston dan dinding slinder.
Air
cooler cleaner adalah bahan
kimia cair untuk membersihkan udara pada alat pendingin udara
Oil
spill dispersant adalah bahan
kimia untuk rnenghancurkan/menetralisir tampak minyak yang rnungkin terjadi pencemaran
di laut.
Yang
tejadi ada LO M/E engine tidak
berjalan normal M/E mati secara otomatis yang di lakukan adalah :
1. Perneriksaan
LO masih ada atau habis.
2.
Pemeriksaan flter kotoran dibersihkan sehingga mesin kerja keras
3. Bila
sudah diatasi no 1 dan 2 masih LOW maka pompa roda gigi atau safety valve
diperiksaan
langkah melakukan overhold:
1.
mempersiapkan team work bagian mesin.
2. membuat
program keria
3.
rnenentukan waktu pelaksanaan kerja
4.
mempersiapkan peralatan dan perlengkapan serta suku cadang
5. membuka
dan memperhatikan urutan pembongkaran
6.
membersihkan bagian-bagian yang” di bongkar
7. melakukan
pengukuran yang penting
8.
melakukan pemasangan kembali bagian-bagian yang rnasih memadai dan penggantian
suku cadang yang rusak
9.
diadakan pengetesan kompresi injector dan clearen klep
10.
mengisi minyak lumas
11. buang
udara dalam system bahan bakar
12.
pengisian air dingin `
13. tes
running
melakukan
aktifitas bongkar muat tiba”
terlihat lelehan minyak pada pipa crane. lngkah yg dilakukan
- Matikan
mesin tersebut setelah mesin terbebas dari beban kerjanya
- Pastikan
mesin tersebut aman untuk dilakukan perbaikan
- Periksa
apa penyebab terj adinya lelehan minyak pada pipa crane
-
Persiapkan alat/bahan kerja untuk perbaikan
- Jika ada
kebocoran/kenisakan maka lakukan perbaikan
perawatan
yg dilakukan terhadap instalasi mesin pendingin
- Ball
bearing dari motor kompresor hams dilumasi
- V-Belt
diperiksa tegaugannya _
-
Evaporator didefros bila banyak bunga es
-
Condenser harus sering dibersihkan
- Periksa
minyak lumas dalam carter, bila kurang ditambahkan
-
Bersihkan iilter di solenoid valve
-
Meugganti silica gell di dryer bila tiba saatnya
- Bila ada
udara didalam system harus di cerat
- Pada
waktu instalasi beroperasi, suhu dan tekanan hams diperhatikan.
-
Nipple-nipple dan kran-krau penutup diberi grease
-
Saringan-saringan klep ekspansi & pengatur tekanan dij aga bersih
- Menstart
motor jangan selalu pada switch pengontrol
- Periksa
instalasi listriknya
- Saat
menjalankan dan menghentikan mesin harus sesuai prosedur.
perawatan
yg dilakukn terhadap katup gas buang
-
Pemeriksaan kerak karbon, keadaan muka katup dan perubahan warna
- Periksa
perubahan warna dau bentuk batang katup, keausan dan pelumasan
- Periksa
kelonggaran dan keausan pemegang katup
- Periksa
pegas katup terhadap kemungkinan patah, aus, korosi, kekuatannya
- Ukur
diameter batang katup
-
Lapping/skir katup pada dudukannya pada jam kerja yg telah ditentukan
-
Penggantian katup jika muka katup sudah rusak
- Secara
berkala adakan pengukuran dengan feeler gauge (valve clearance).
Alat
pengabut yg dimaksud adalah
tekanan injector, bila kurang/terlalu tinggi maka menyebabkan pemakaian bahan
bakar tidak sesuai dengan yg diinginkan akibatnya kineija mesin induk kurang
baik.
pengaruh
Kualitas bahan bakar ditentukan
oleh nilai pembakaran bahan bakar. Jika nilai pembakamn BB tinggi maka kinerja mesin
induk baik, sebaliknya jika nilai pembakaran BB rendah maka kinerja mesin induk
kurang baik/rendah.
penyebab
gas buang mesin induk terlalu tebal
- Jika
tekanan injector kurang maka gas buang terbuang berlebih
- Apabila
terjadi kebocoran pada ring piston maka minyak pelumas akan naik sehingga gas
buang terbuang berlebih.
mesin
pendingin (refrigerant plant)
kelihatan permukaan minyak lumas dalam karter kompresor berkurang terus/hilng.
- Minyak
lumas terus berkurang karena adanya kebocoran/kelonggaran pada ring piston
sehingga minyak lumas terikut ke condenser dan pendinginnya berkurang.
- Cara
memperbailki : Ganti ring piston, sebelum ganti untuk buka kompresor tutuo dulu
katup ke condenser dan evaporator supaya udara tidak masuk yg dapat menyebabkan
defiosting.
Defrosting adalah adanya gumpalan-gumpalan es pada
pipa evaporator bagian luar yg menghambat pendinginan.
jelaskan dasar-dasar seorang
masinis dalam melaksanakan
program perawatan permesinan
- Buku
panduan (instruction book)
-
Peralatan dan perlengkapan suku cadang
- Sesuai
dengan perintah kerja
-
Terampil, tanggungjawab.
Masinis
melaksanakan program perawatn
Dengan
cara meningkatkan tekanan efektif pada motor yaitu dengan menambahkan
turbocharger.
Dengan
adanya team Work maka pekerjaan
perawatan dan perbaikan akan lebih efektif dan efesien.
Tugas
masinis II
-
Bertanggung jawab pada KKM atas pemeliharaan dan pelaksanaan tata-tertib
departemen
- Memberi
perintah kerja harian pada semua masinis dan ahli listrik
-
Melaksanakan perawatan dan perbaikan MPU/ME, mesin/pesawat penting, semua
perlengkapan dan perawatan suku cadang antara lain Inert Gas System, Cargo
Pump, FW Generator, mesin” darurat
-
Melaksanakan tugas” sesuai PMS dan melakukan pengawasan terhadap semua
pekerjaan yg berkaitan dengan tugas” kamar mesin dan personil yg melakukan
pekerjaan tersebut.
Dokumen
lelang adalah dokumen yg berisi
specimen data-data kapal dan perlengkapan kapal yg diperbaikan.
Kerusakan
di tegh laut : Informasikan pada perusahaan didarat untuk penggantian suku cadang dengan menentukan
titik kordinat tempat pertemuan apabila suku cadang tersebut sudah dikirim.
Kapal
terlibat daalam tabrakan
- Hindari
terjadinya kebocoran
- Minta
bantuan kapal pandu untuk dipandu ke pelabuhan terdekat dengan tujuan melakukan
perbaikan.
Alasan-alasan
terjadinya perawatan insidentil
-
Kronologi perawatan tidak dicatat secara sistematis sehingga perawatan tidak
berkesinambungan
- Tidak
mengacu standar perawatan dan perbaikan (PMS) sesuai manual instruction book
- Tidak
adanya kepedulian para pengawas terhadap ketidak-teraturan pelaksanan perawatan
- Tidak
adanya bukti-bukti terjadinya kerusakan”, kekurangan sebelumnya, kapal
menganggur, kerugian” lainnya
- Tidak
tersedianya suku cadang yg cukup untuk setiap pesawat/mesin yg menghambat waktu
operasi kapal
- Banyak
data-data yg dilaporkan dad kapal ke darat narnun sedikit yg diproses
- Nakhoda
dan ABK tidak berkwalitas dan professional dibidangnya.
keuntungan
menggunakan computer dalam
penataan suku cadang/perawatan diatas kapal
-
Penyimpanan dan akses ke infonnasi mudah dikeij akan
- Analisa
kinerja fungsi & pengontrolan kondisi dapat dikerj akan secara luas
- Program
perawatan yg terbaru dan pencetakan permintaan dapat dilakukan secara cepat dan
otomatis
- Dapat
dikembangkan sampai meliputi pengontrolan perawatan suku cadang, anggaran.
pengelolaan
suku cadang dalam perbaikan dan
perawatan kapal
-
Buku-buku daiiar suku cadang
-
Penanganan suku cadgng
- Nomor
suku cadang dalam stock
- Tempat
suku cadaug
- Stock
minimum dan maximum
- Waktu
pengambilan dan lokasi penggunaan
- Wakm
penerimaan (asli/rekondisi)
- Catatan
pesanan data/pesanan sesuai kebutuhan kapal.
petunjuk
pelaksanan perbaikan/perawatan
kapal bila
a.
Kerusakan terjadi ditengah perjalanan/dilaut Informasikan pada perusahaan
didarat untuk penggautian suku cadang dengan menentukan titik koordinat tempat
pertemuan apabila suku cadang tersebut sudah dikirim.
b. Kapal terlibat dalam tabrakan dan mengalami kerusakan
yg mempengaruhi kelayakan lautnya
- Hindari
terj adinya kebocoran
- Minta
bantuan kapal pandu untuk dipandu ke pelabuhan terdekat dengan tujuan melakukan
perbaikan
Mayor
overhaul: perawatan dan
perbaikan untuk pembersihan, pemeriksaan, pengukuran, penganalisaan,
penggantian baru pada bagian atas material mesin yg dioverhoul.
Komponen
komponen:
- Kepala
silinder - katup buang lengkap
- Penekan
katup lengkap - celah gap
- Batang
pendorong rocker arm - pegas klep
- Penekan
katup masuk dan buang - diameter tiap klep
Mengapa
secara teratur harus diambil
diagram indikatur sebuah motor induk Yaitu untuk mengetahui keralcteristik tiap
~tiap selinder karena dari tiap silinder dapat
Diketahuj
tekanamkexj a/daya,vo1ume dan temperature dari mesin induk.
b.Buatkar;
sebaik muugkin bentuk dari sebuah diagram indicator(diagram P-V) dm-i
motor 2
tak yang dilengkapi dengan katup buang (Exhaust valve dan juga sebuah
indekator motor
induk 4 tak.
Perwatan
isendentil adalh perawatan yang
tidak memiliki rencana perawataan
Perawatan
dilakukan secara mendadak.
Kerugiannya: Kapal
mempunyai down time yang tinggi
Kronologi
perawatan tidak tercatat dan ketidak teraturan pelaksanan perawatan
Keuntungannya Tersedianya suku cadang yang cukup untuk
perawaian
Tidak
adanya pembelian suku cadang berkala.
persiapan
kapal naik ke dry dock.
- Rapat
antara pihah galangan dengan owner,nahkoda,k.k.m
- Siapkan
dock space
-
Mintagambar seetplan kalau ada,jika tidak ada minta ukuran kapal
- Menyusun
keel block
- Siapkan
sarana Bantu,organisasi,peralatan,fasilita: dock
- Mengisi
air dalam dry dock setelah permukaan sama dengan air luar,maka buka
Pintu
dock.
- Kapal
masuk setelah pada posisinya pintu dock ditutup kemudian air dalarn day ,
Dock
dipompa keluar.
Pengoperasian
darurat dari permesinan adalah
kondisi permesinan tidak bekerja secara Nomal,maka rnencari posisi kapal yang
aman untuk melakukan perbaikan.
bentuk-bentuk
perawatan permesinan.
-Filter
bahan bakanminyak lumas agar senantiasa tekanan sesuai dengan buku Petunjuk.
-Saringan
udara T.C agar memperoleh udara bersih dan tekanan sesuai buku Petunjuk.
sehingga , pembakaran dapat dicapai dengau baik.
-Cleace
klep agar tercapainya kompresi yang baik
Kegiatan
inti transfortasi laut adalah
manajemen asset/modal,managemen armada Managemen operasnsebutkan tugas-tugas
pokok managemen itu.
Managemen
asset/modal adalah bertanggung
jawab untuk pembelian megontrak Kapal dan dapat menjual kapal kepasaran serta
menyerahkan kapal kemanagean Armada.
Managernan
armada adalah
-Pengambilan
alat-alat dari managernen asset
-Pengisian
ABK.
-Pengisian
perlengkapan dan lainnya agar kapal bisa beroperasi/laik laut.
Managemen
Operasi adalah
mengoperasiikan
kapal menurut tingkat Waktu dari managemen armada,
-Menetukan
tingkat tarif angkutan meliputi biaya pengluaran2 yang sesuai pelayanan Biaya
operasi,serta suatu keuntungan untuk nienutup biaya2 pembangunan.
strategi
perawatan berencana Serta
jelaskan keuntungan dan kerugian dari Straegi tersebut
Strateginya adalah:
-Mengoptimumkan
'daya dan hasil guna material sesuai fungsi dan manfaat
-Menambah
pengetahuan abk dan mendidik untuk rnemiliki rasa tangung jawab
-Mengurangi
kerusakan meuddak atau penganggurau waktu
Keuntungannya
adalah:
-Memperpanjang
Waktu kerja mesin/pesawat dan mempertatahankan nilai pehyusutan
-suku
cadang dapat dipantau setiap saat
-Operasi
kapal lancer dengan memberikan rasa aman dan tenang
-Biaya
perawatan dapat diperhitungkan sesuai dengan anggaran.
Kerugiannya adalah
-jadwal
perawatan harus disesuaikan dengari kegiatn kapal
Perawatan
kapal dikatakan berhasil
apabila
-Down
time/waktu menganggur sedikigsetiap saat kapal dapat dioperasikari.
-Terjalinnya
team work yang baik
-
Terjalinnya komunikasi antara pihah darat dan kapal yang baik.
Kebutuhan
yang harus disuplai oleh pihah
dock kekapal adalah
-Tangga
penyberang kekapal
-Air
pendingin untuk refrigerator dan sanitari
-Lampu
penerangan kerja dan blower.
-Lindungan
bahaya kebakarandan gas free test.
-Tempat
sampah
dokumen
Klaim adalah:
-Surat
klaim adaiah pengajuan ldaim kepihah asuransi yang isinya menyaiakan ada Kerusakan
dikapal
-Kronologis
kejadian adalah menggambarkan kejadian dari awal hingga ahkir kejadian
-Log book
adalah buku untuk pencatatan kegiatan dikapal.
-Berita
acara bersama adalah setelah didadakan pemeriksaan bersama dan telah
kesepaKatan bersama olh pihah asuransi dan perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar