akademi maritim indonesia (medan)
Soal
Jawab Konstruksi untuk Tehnik semester V/ABC
No.01
Ukuran Pokok Kapal .
1-Apa yang dimaksud dengan ukuran pokok kapal?
2-yang dimaksud LOA dan LBP? Jelaskan dengan
dilengkapi gambar!
3-Apa yang dimaksud dengan garis tegak belakang dan
garis tegak depan?
Jawab :
a- Ukuran
pokok kapal ialah terdiri dari
ukuran membujur /memanjang (longitudinal), dan ukuran melintang/ melebar
(transverzal) suatu kapal
b-Length Over All (LOA) : Yaitu jarak membujur
sebuah kapal dari titik terdepan linggi haluan kapal sampai ketitik terbelakang
dari buritan kapal, diukur sejajar lunas.
c-Length between perpendiculers (LBP) ialah
:panjang kapal di hitung dari garis tegak depan sampai ke garis tegak belakang,
di ukur sejajar lunas
No.2 :
-Kulit kapal.
1-Apa kegunaannya?
2-Bagaimana cara
member tanda dan nomor? Jelaskan dengan gambar!
3-Apa tujuannya
diberi tanda dan nomor tersebut?
Jawab :
1-Guna dari
kulit kapal (Sheel Plating)Yaitu :
a-Membuat kedap
air dari samping dan bawah kapal
b-Menambah
kekuatan konstruksi kapal terhadap tegangan membujur kapal
2-Pemberian
Nomor Dan Tanda Pada Kulit Kapal
a-Sebagaimana
halnya dengan gading-gading dan pelat
geladak, pelat kulit kapal (lajur) perlu diberi nomor dan tanda. Pemberian
tanda pada kulit kapal dimulai dari pelat pengapit lunas (garboard strake)
yaitu pelat lajur sepanjang kiri-kanan lunas datar sebagai lajur A. lajur-lajur
lainnya ditandai dari bawah keatas pada tiap-tiap sisi secara alphabetis A, B,
C dan Pemberian nomor pada lajur, diberi secara berurutan dari belakang ke
depan atau dari depan ke belakang.
3-Pemberian
tanda dan nomor pada plat gunanya ialah :agar kita
dapat mengetahui lokasi dari pelat dalam kaitannya dengan pemeriksaan atau
perbaikan karena kerusakan, sobek, maupun survey sehubungan dengan penggantian
pelat tersebut. Pemberian tanda dan nomor lajur selalu dikatikan dengan
gading-gading ditempat tersebut, untuk memberi kepastian pada bagian mana pelat
yang dimaksud berada.Misalnya pelat F kiri 6-100-118, artinya pelat F dilambung
kiri, nomor 6 diantara gading-gading nomor 110 s/d 118.
No.03
Gading-gading.
1-Apa kegunaan
gading--gading kapal?
2-Ada berapa
macam jika ditinjau dari letaknya?
3-Gambarkan
penampang gading-gading yang terletak pada daerah midship, lengkapi dengan
keterangannya!
Jawab :
1-Guna
dari Gading gading yaitu :
a-Untuk
memperkuat konstruksi kapal
b-Menjaga tidak
terjadinya perubahan bentuk pada kulit kapal
c-Tempat
menempelnya kulit kapal
d-Memberikan
bentuk pada badan kapal
2-Ditinjau
dari letaknya gading gading terbagi atas :
a- Gading
Nol : Gading yg sebidang dengan cagak kemudi
b- Gading
gading cermin : semua gading- gading dibelakang gading nol
c- Gading
gading simpul : Gading gading sepanjang tabung poros baling baling
d- Gading 2
besar : Gading yg ukurannya lebih besar bila dibandingkan dengan gading gading
lainnya
e- Gading
gading haluan : Gading gading yg letaknya di depan sekat pelanggaran
No.04
-Sekat Kedap
Air (SKA).
a-Pertimbangan
apa saja untuk menentukan jumlah sekat?
b-Sebutkan
syarat-syarat pada sekat pelanggaran!
c-Gambarkan
sekat kedap air biasa, lengkap dengan keterangannya!
Jawab :
a-Jumlah
sekat kedap air / Pertimbangan untuk menentukan sekat kedap air yaitu :
1-Letak kamar
mesin :Pada kapal dengan kamar mesin ditengah jumlah sekat kedap air
minimal 4 buah, untuk kapal dengan kamar mesin dibelakang jumlah sekat kedap
air minimal 3 buah
2- Panjang
kapal :Pada
kapal dengan panjang 220-285 kaki SKA = 4 buah, 285-335 SKA = 5 buah,
335-405 kaki SKA =6 buah, 405-470 kaki SKA = 7 buah, 470-540 kaki SKA =8 buah,
540-610 SKA =9 buah.
b-Syarat
syarat sekat pelanggaran yaitu :
1-
Letaknya tertentu, pada kapal
barang min.5% LBPdan kapal penumpang min.5% LBP +Min 10 kaki.
2-
Menggunakan plat yg 25% lebih
tebal dari plat sekat kedap air biasa Plat
bagin bawahnya dipertebal 2,5mm
3-
Potongan baja dipasang dimuka sekat dan siku pinggiran di belakang sekat
4-
Potongan baja siku penguat dipasang vertikal
5-
Jarak antara baja siku penguat lebih kecil,
yaitu 610mm
No.05
-Pintu Kedap
Air (PKA).
1-Ada berapa
macam klasnya?
2-Gambarkan
jenis PKA berengsel, dengan keterangannya!
Jawab :
1-Pintu kedap
air (watertight door)di kapal ada 2
jenis:
a-pintu
kedap air berengsel (hinged watertight
door)pintu kedap air berengsel termasuk PKA kelas 1,
yg di pasang di
geladak. Pintu PKA ini harus bisa dibuka/ tutup pada kemiringan kapal 15
derajat
kekiri/kekanan.
b-Pintu kedap
air yang didorong secara vertikal mau
pun horizontal
No.06
a).Apa maksud
dibuatnya markah kambangan (plimsoll mark) pada kapal biasa dan gambarkan
lengkap dengan ukuran-ukurannya?
Jawab :
1-Plimsoll
Mark adalah sebuah tanda pada lambung kapal untuk membatasi draft maksimun
sebuah kapal demi keamanan dan
keselamatan kapal sesuai dengan daearah / musim dimana kapal tersebut
berlayar.
No.06
-Jelaskan apa
yang dimaksud dengan:
a-Sekat Kedap
Air.
b-LOA.
c-Lembar Dalam.
d-Cofferdam.
e-Zink Anoda.
Jawab:
a. Sekat Kedap Air adalah suatu bagian
dari konstruksi kapal yang berguna untuk
“BUFFER” atau pelindung bagian depan kapal, atau sebagai penahan air
masuk ke dalam palaka2 di belakangnya,
jika kapal mangalami kebocoran akibat dari pelanggaran atau kandas.
b. LOA (Length Over All)
adalahjarak membujur sebuah kapal dari titik
terdepan linggi haluan kapal sampai
ketitik terbelakang dari buritan kapal yang diukur sejajar dengan lunas kapal.
c. Lebar Dalam (Moulded Breadth) adalah lebar
kapal dihitung dari sebelah dalam kulit kapal lambung yang satu sampai
kesebelah dalam lambung yang lainnya
d. Cofferdam (ruang pemisah) adalah salah
satu ruangan yang terdapat pada konstruksi kapal dengan sistim dasar ganda yang berguna untuk
memisahkan tanki yang satu dengan yang lain pada double bottom misalnya antara
tanki air tawar dengan tanki bahan bakar, antara tanki air tawar dengan tanki
minyak pelumas, antara tanki ballast dengan tanki bahan bakar dan seterusnya.
e. Zink Anoda adalah merupakan suatu
alat dari logam yang diasa dipasang dan ditempelkan pada lambung kapal di bawah
garis air tepatnya dibagian kisaran-kisaran air untuk memproteksi kulit kapal
dari korosi atau karat.
No.7
a. Sebutkan
fungsi Double Bottom?
b. Apa
sajakah yang membatasi Double Bottom?
c. Apakah
fungsi sekat pelanggaran?
Jawab :
-a. Fungsi
Dobble Bottom adalah :
- Bila kapal kandas / bocor masih ada dasar yang kedap air
- Sebagai ruangan muatan, air tawar, bahanbakar, ballast, dan
lain-lain.
- Dengan air ballas dapat membantu mengatur stabilitet kpl dan
- Baling-baling serta kemudi dapat bekerja dengan baik.
- Menambah kekuatan melintang kapal.
-b. Yang
membatasi Dobble Bottom adalah :
- Bagian bawah dibatasi oleh kulit kapal bagian bawah.
- Bagian atas dibatasi oleh tank top.
- Bagian samping dibatasi oleh lempeng samping.
- Bagian depan dibatasi oleh sekat kedap air terdepan
- Bagian belakang dibatasi oleh sekat kedap air paling belakang.
-c. Fungsi
sekat pelanggaran adalah :
- Sebagai Buffer atau pelindung terhadap ombak dan gelombang
- Bila kapal mengalami pelanggaran atau kandas dapat menahan air masuk kedalan
kompartemen- kompartemen.di belakangnya.
- Membuat kapal kedap air.
No.08
a.Sebutkan nama-nama Biro Klasifikasi yang saudara ketahui serta
kedudukannya?
b.Sebutkan jenis survey yang saudara ketahui dan jelaskan artinya!
Jawab :
a. Nama- nama
Biroklasifikasi adalah :
1. B.K.I Jakarta KI
2. LLOYDS REG OF SHIP LondonLR
3. BUREAU VERITAS Paris BV
4. GERMANISHER LLOYD Berlin GL
5. REGISTRO ITALIANO NAVALE Geno RI
6. DET NORSKE VERITAS Oslo NV
7. NIPPON TAIKOKU KAIJI KYOKAI Tokyo NK
8. REGISTER OF SHIP OF USSR Moskow PC
9. AMERICAN BUREAU OF SHIP PING
N.York AB
10. HELLENIC REGISTER OF SHIP Athena HS
a- Jenis
survey yang diketahui dan artinya adalah :
1- Initial
Survey (Survey Awal) yaitu dilaksanakan sebelum kapal dioperasikan atau
sebelum sertifikat
yang disyaratkan
sesuai Regulasi 6 dari ANNEX diterbitkan untuk pertama kalinya.
2- Anual
Survey (Survey tahunan) yaitu Survey yang
dilakukan setiap tahun yang meliputi: lambung,
permesinan, dan
sistem. Dilakukan dalam 3 bulan,
sebelum dan
sesudah jadwal.
3- Renewal
Survey (Survey Perubahan 5 tahun) yaitu :Survey yang
dilakukan kurang dari 5 tahun
umur kapal,
untuk memperbarui klas. Untuk periode klas yang baru jangka waktunya 15 bulan
sebelum batas
umur kapal 5 tahun. Pemeriksaan meliputi: lambung, permesinan geladak, mesin
induk, sistem
dan alat keselamatan
4-
Intermediate survey (survey Antara) yaitu Survey yang
dilakukan pada pertengahan 5 tahun
umur kapal(2½),
kecuali untuk kapal dengan klas symbol II.
No.09
-a.Sebutkan jenis-jenis kemudi ?
-b.Apakah syarat-syarat kemudi ?
a.
Jenis-jenis kemudi yaitu :
1. Kemudi berimbang penuh (Full balance Rudder) ialah kemudi yang
25% - 36% daun kemudinya berada didepan poros putar, dengan demikian 70% - 75%
daun kemudinya dibelakang poros putar.
2. Kemudi semi berimbang penuh (SemiBalance Rudder) ialah kemudi
yang lebihkecil dari 20% daun kemudinya didepan poros putar, dengan demikian
> 80% daun kemudinya berada dibelakang poros putar.
b.
Syarat-syarat kemudi adalah :
- Kemudi utama harus mempunyai kekuatan yang cukup.
- Pada kecepatan maksimum, kapal masih dapat dikemudikan dengan
layak.
- baik kapal penumpang ataupun kapalbarang harus dilengkapi dengan
sebuah perangkat kemudi utama dan sebuah perangkat kemudi bantu yang disetujui
oleh pemerintah yang berwenang.
- Pada kapal penumpang, perangkat kemudi utamanya pada waktu maju
dengan kecepatan maksimum, kemudi harus dpat disimpangkan sebesar 34o
kekiri atau kekanan dalam waktu 28 detik.
No.10
-Apa
pengertian Tonase berikut ini.
a-Isi Kotor
(Gross Tonnage).
b-Isi Bersih
(Net Tonnage).
c-Isi Tolak
(Displacement).
d-CargoDead
weight ton (DWT)
Jawab :
a. Isi kotor (Gross Tonnage) adalah Volume
atau isi sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu untuk
keamanan kapal ( deducted spaces )
b. Isi Bersih
(Net Tonnage) adalah Volume atau isi sebuah kapal
dikurangi dengan jumlah isi ruangan
– ruangan yang tidak dapat di pakai untuk mengangkut muatan .
c-Isi Tolak (Displacement) adalah Berat
Benaman Jumlah berat kapal dan segalanya yang ada pada
kapal tersebut dan di nyatakan dalam
Longton
d. Cargo DWT
adalah Cargo Carrying Capasity Kemampuan kapal
untuk mengangkut muatan (Jumlah
muatan yang bisa
di bawa )
No.11
a-Apa fungsi
dari suatu Biro Klasifikasi,
b-sebutkan 5
Biro Klasifikasi yang saudara ketahui (tidak hanya dalam singkatan).
Jawab :
a-Fungsi Biro Klasifikasi adalah :
- Mengklaskan kapal-kapal yang dibangun
- Berwenang menetapkan dan memberikan tanda
lambung timbul.
- Mengeluarkan sertifikat garis muat pada kapal
b-Lima Biro
Klasifikasi adalah :
1. B.K.I Jakarta KI
2. LLOYDS REG OF SHIP London LR
3. BUREAU VERITAS
Paris BV
4. GERMANISHER LLOYD Berlin GL
5. REGISTRO ITALIANO NAVALE Genoa RI
No.12
-Sebutkan
komponen yang termasuk berat kapal kosong (lightweight) dan bobot mati
(deadweight).
. Komponen berat
kapal kosong (Light Weight) adalah :berat kapal kosong
termasuk mesin penggerak, mesin bantu dan Peralatan yang tetap diatas kapal.
-Komponen bobot
mati (Dead Weight) adalah :Muatan maksimum yang dapat diangkut dan Bahan bakar minyak,Pelumas ,air tawar ,
BallastDan stores/Gudang .
No.13
-Apa yang
dimaksud dengan Sea Box pada kapal dan gambarkan bentuk konstruksinya
Jawab :
Sea Box adalah suatu kotak yang berada
di palka dan di kamar mesin yang berfungsi untuk mencegah /saringan
kotoran/sampah yang ikut terhisap masuk kedalam pipa.
Gambar : Sea box
-Keterangan :
1-Rose box
2-Kaki
3-Ujung pipa hisap
4-Pipa hisap
lensa
No.14
Jenis kapal.
1-Jelaskan
ukuran pokok kapal!
2-Apa yang
dimaksud dengan GRT kapal?
Jawab :
a. Ukuran Pokok Kapal (ship main dimension) adalah
merupakan nilai-nilai yang menyatakan dimensi atau ukuran sebuah kapal yang
terdiri dari ukuran membujur/memanjang (Longitudinal) dan ukuran
melintang/melebar (Tranverzal) kapal. Dan ukuran tegak (Vertikal)
b. GRT (gross register
ton) adalah volume/isi sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan
tertentu utk keamanan kapal (deducted spaces) mis: dasar berganda,dapur
,anjungan dan ruangan kosong diatas kamar mesin.
No.15
- Kulit kapal.
1-Apa
kegunaan dari kulit kapal?
2-Bagian mana
saja kulit kapal yang dipertebal?
Jawab :
a. Kulit kapal gunanya adalah:
- Untuk membuat kapal kedap
air dari samping dan dari bawah.
- Kulit kapal secara membujur
untuk memperkuat konstruksi kapal agar sanggup menahan tegangan-tegangan
membujur kapal.
b. Bagian
kulit kapal yang dipertebal adalah :
- Lajur bingkai dan lajur
samping
- Tempat-tempat yang
memerlukan daya tahan yang besar terhadap tekanan yang besar seperti
disekitar
lubang-lubang pembuangan.
- Dibagian tengah panjang
kapal dikedua lambung
- Disekitar lubang-lubang
jendela, pintu-pintu, atau bagian yg di buka pada lambung kapal, ulup
jangkar dan lain-lain.
No.16
Penataan Lensa dan Ballast.
1-Sebutkan
perbedaan penataan lensa dan ballast!
2-Gambarkan
skema aliran penataan lensa dan ballast dengan perlengkapannya!
Jawab :
-Penataan
ballast:
1-Mengisap dan mengisi
2-Tidak mempunyai non return valve
3-Ujung pipa hisap & isi berbentuk terompet atau kaki gajah
4-Tanpa saringan
5-Ujung pipa hisap dan isi terletak didalam tangki ballast/ dasar
berganda
-Penataan
Lensa :
1-Hanya mengisap
2-Memakai non return valve
3-ujung pipa bulat
4-memakai saringan
5-Ujung pipa hisap terdapat didalam got palka dan kamar mesin.
No.17
Dasar
berganda.
Mengapa kapal harus dipasang dasar berganda?
Komponen apa saja yang membatasi dasar berganda (bagian atas, bawah,
depan dan belakang)?
Jawab :
a -kapal
harus dipasang dasar berganda karena berguna untuk :
- Bila
kapal kandas dan mengalami kebocoran,
masih ada yg
kedap air
- Dapat
dimuati muatan cair ,bunker dan ballast dll.
- Membantu
stabilitas kapal
- Menambah
kekuatan melintang kapal
b. Komponen
yang membatasinya adalah:
- Bagian bawah dibatasi oleh kulit kapal bagian bawah.
- Bagian atas dibatasi oleh tank top.
- Bagian samping dibatasi
oleh lempeng samping.
- Bagian depan dibatasi oleh sekat kedap air terdepan
- Bagian belakang dibatasi oleh sekat kedap airpaling belakang.
No. 18
a. Apa yang
dimaksud dengan Wrang?
b.sebutkan
jenis-jenis wrang yang anda ketahui!
Jawab :
a. Wrang adalah
suatu ruangan yg terbentuk adanya kerangka melintang dan membujur untuk
memperkuat
konstrusi kapal di dasar berganda sebagai penopang terhadap beban di atasnya,
membentuk tanki2
baik cairan sejenis maupun berlainan jenis.
b.
Jenis-jenis Wrang adalah :
- Wrang Penuh
(Solid Floor)
- Wrang Terbuka (Open Floor)
- Wrang Tertutp (Watertight Floor)
No.21
a-Gambarkan
konstruksi penampang melintang ruang mesin dari
sebuah kapal barang dengan double bottom!
No.22
Lukiskan sketsa sekat buritan dan sebutkan bagiannya!
Keterangan :
1. Ruang akomodasi
2. Kamar mesin kemudi
3.Tangki ceruk belakang
4. Wrang
5. linggi baling-baling
6. Terowongan poros baling-baling
7. Dasar
berganda
No.23
-Sebutkan definisi dari:
Net Tonnage.
Extreme Breadth.
Geladak Utama.
Displacement.
Double Bottom.
Jawab :
NRT (net tonnage =netto register ton = isi bersih)adalah volume atau isi sebuah kpl dikurangi dg jumlah isi ruangan2
yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.
Extreme Breadth : ialah jarak melintang
dari titik terjauh sebelah kiri sampai titik terjauh di sebelah kanan badan
kapal, di ukur pada lebar terbesar dan sejajar lunas dalam hal ini kulit kapal dihitung.
Geladak utama adalah kekuatan bagian
kapal untuk menjamin tekanan2 baik dr atas maupun samping kpl.
Displacement ialah isi tolak sebuah
kapal diatas air adalah sama dengan
berat air yang di pindahkan oleh kapal tersebut , jumlah ini sama dengan berat
kapal itu beserta isinya.
Double bottom adalah bagian dari
konstruksi yg di batasi oleh, bagian bawah yaitu kulit kpl, bagian atas yaitu
tank top, bagian samping yaitu lempeng samping, bgn depan sekat pelanggaran
depan dan sekat belakang.
No.24
a-Gambarkan
bagan sebuah kotak pembagi lensa dan sebutkan bagian-bagiannya!
Jawab :
1-Kotak
2-Tutup
3-Tempat duduk katup
4-Katup searah (non return
5-Batang berulir
6-Roda tangan
7-Saringan
8-pipa ke cabang kompartemen
9-Pipa induk
No.25
A-Apakah
Manfaat suatu kapal dikelaskan pada biro klasifikasi :
B-Sebutkan
pihak – pihak yang berkepentingan pada biro klasifikasi kapal
Jawab :
Manfatnya
kapal di kelaskan pada biro klasifikasi ialah:
1-Mendapatkan
Minimum free board sehingga daya angkut kapal menjadi besar
2-Memperbesar
kepercayaan sipengirim barang terhadap kapal yang mempunyai kelas yang membawa
pengaruh
terhadap banyaknya muatan yang diangkut.
3-pembayaran
premi atau asuransi lebih sedikit
4-Lebih Mudah
mendapatkan atau mencari awak kapalnya.
-Pihak2 yg berkepentingan pd biroklasifikasi
ialah:
1-Pemilik kapal
Dengan kelayak lautan kapalnya
2-Pemerintah
dengan Keselamatan Awak kapal dan Penumpang
3-Pemilik Muatan
dengan keselamatan Muatanya
4-Asuransi dan
bank dengan menetapkan besarnya Permi
No.26
1-Jelaskan
fungsi dari sekat kedap air
2-Lukiskan
sketsa sekat pelanggaran dan sebutkan bagianya
Jawab :
Fungsi
daripada sekat pelanggaran ialah:
Mengisolasi kebocoran agar tetap disatu ruangan
Mengisolai Kebakaran Agar tetap disatu ruangan
Membagi kapal dalam beberapa ruang
Merupakan kekuatan melintang kapal setempat
No.27
-Apakah guna “
strike Plate “ dan berikan penjelasan sketsa/gambar dimana letak daripada strike plate tersebut.
Guna strike
plate ialah : berfungsi sebagai pelindung atau penahan batu soundingan agar
tidak mengena langsung dasar tangki atau got itu. Dengan demikian dasar tangki
atau got akan terhindar dari kebocoran karena kena soundingan yang tajam setiap
hari
No.28
1-Gambarkan
penampang membujur sebuah trowongan poros baling2 dan sebutkanlah nama
bagian-bagiannya
2-Gambarkan
penampang melintang sebuah trowongan poros baling2 dan sebutkanlah nama
bagian-bagiannya
Jawab :
No.29
Bagaimana ketentuan mengenai dasar berganda menurut solas 74,
terangkan .
dikapal yg panjangnya 50 meter dan kurang dari 61 meter (200 kaki)
harus di pasang dasar berganda paling sedikit dari sekat di depan kamar mesin
sampai dgn sekat kedap depan.
kapal yg panjangnya 61 metr (200 kaki) dan kurang dari 76 m (249
kaki) harus dipasang dasar berganda paling sedikit dari sekat kamar mesin
diteruskan sampai ke sekat ceruk haluan dan sekat ceruk buritan.
dikapal yg panjang nya 76 m (249 kaki) atau lebih harus dipasang
dasar berganda dari sekat ceruk haluan sampai buritan atau sedekat mungkin dgn
sekat Tersebut
No.30
a)- jelaskan fungsi dari trowongan poros baling2
b)-Jelaskan fungsi kayu pok
Jawab :
a) fungsi dari trowongan poros baling2
adalah melindungi poros baling2, menjaga agar poros baling2
kedap air pada tempat dimana poros baling2 melintang kulit kapal.
b) fungsi kayu pok :
- supaya poros baling2
tidak tergesek langsung pada tabung perunggu
- kayu pok bersifat pelumas
- kayu pok dibuat lubang2
supaya air laut bisa masuk dgn demikian berfungsi sbg pendingin untuk
poros baling2.
No.31
Jelaskan dengan singkat dan gambarkan tentang transmisi tenaga/daya
dari mesin induk dengan gear box ke propeller sehingga kapal dapat bergerak!
No.32
Gambarkan deflection of plat yang terjadi secara melintang pada
kapal saat kapal: dry docking, memuat muatan berat (heavy weight cargo),
mengalami racking dan kondisi statis diatas tekanan air.
No.33
a-Mengapa
Center line terowongan poros baling baling tidak jatuh sama denagan center line
kapal
b-Fungsi Dari
Shell Expantion Plan
Jawab.
Jawab.
a-Untuk
perawatan agar cukup ruang gerak
-Palka yang dilewati lambung dapat dimuati
b-Shell
expantion plan ialah Gambar denah plat kulit kapal yang berfungsi untuk
menandai pelat yang
perlu diperbaiki
sehingga mudah dicari.
No.34
-Apa yang
disebut “ Man Hole” dan gunanya, gambarkan
dgn lengkap dan jelaskan cara pemasanganya
Man hole atau lobang orang : adalah
lobang yang dibuat berada diatas sebuah tangki-tangki diatas kapal tempat
keluar masuk orang.
Kegunaan Man hole :
Untuk jalan keluar masuk kedalam tangki saat diperlukan
Untuk lubang pemberian udara peranginan dan umumnya jumlah lubang
setiap tangki 2 bh ditempatkan secara
diagonal.
-Gambar man hole
Diameter 22” Sumbunya 18”
No.35
1-
Cargo DWT : Yaitu berat muatan yg dapat diangkut oleh sebuah kapal
2-
Berat kapal kosong (Light Ship) : Yaitu berat kapal hanya dengan
inventaris tetapnya saja, tanpa muatan, bahan bakar, air tawar, ballas, dll..
3-
Garis tegak depan (Forward Perpendicular) : Yaitu sebuah garis khayalan
yang memotong tegak lurus garis muat perancang kapal dengan linggi haluan kapal
4-
Garis tegak belakang (After perpendicular) : Yaitu sebuah garis khayalan
yang biasanya terletak di tengah tengah cagak kemudi atau bagian belakang dari
poros kemudi
NO.32
1-Apa keuntungan dan kerugian kapal yang dilas dan
di keling ?
2-Ada berapa jenis kampuh las yang dipakai untuk
membangun kapal
3-Jelaskan dengan gambar !
Jawab :
1.Keuntungan kapal yang dilas yaitu :
-
Terjadinya pengurangan bobot sebesar 15- 20 %
-
Sambungannya lebih kuat
- Sambungannya lebih kedap air
- Hambatan air kecil, sehingga kapal
lebih cepat
- Bebas dari pengaruh getaran
- Konstruksi lebih sederhana dan
sesuai
- Biaya reparasi lebih murah
dibanding dengan
kapal yg dikeling
Kerugian dari kapal yg dilas yaitu :
-
Terjadinya perubahan bentuk karena terjadinya tegangan kerut didalam bahan
- Sambungan las sulit dinilai secara
sederhana, harus dengan menggunakan alat
modern
Jenis/macam bentuk sambungan las yang biasa dipakai di dalam
bangunan kapal ialah :
-Sambungan
las I
-Sambungan
las V
-Sambungan
las X
-Sambungan
las U
-Sambungan las sudut / siku
NO. 33
Dimana letak garis WNA kapal kayu bila ukuran panjang kapal tersebut
sama dengan atau lebih kecil dari 330 kaki,dan berlayar pada lintang 36* atau
lebih di Atlantik utara ?
Jawab :
-WNA
(musim dingin atlantik utara) berlaku untuk lintang 36 ° keatas. Jadi jarak WNA
dari W adalah 2” atau 51 mm
-WNA
hanya di haruskan bagi kapal sama dan
lebih kecil dari 330 kaki
-Bagi kapal ≥ 330 kaki tidak di haruskan memasang WNA,
boleh memakai tetapi dgn jarak tetap
2” dari W
Terimakasih.. 😊 sangat bermanfaat
BalasHapus